Assalamu`alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Menulis untuk renungan diri dari masa ke masa


Blog Archive

Sunday 11 March 2018

Jika Semua Doa dan Harapan Terkabul

Apa yang akan terjadi di dunia ini jika semua do'a dan harapan kita menjadi kenyataan atau terkabulkan?
Tidak usah terlau jauh memikirkannya, ambillah satu contoh kecil dan sangat spesifik saja agar mudah untuk memahaminya.
Contoh :
Ada seseorang yang tidak punya banyak harta, yang ada pada dirinya hanyalah 3 pasang pakaian yang dipakainya, tinggal dengan menumpang kepada orang tua atau kerabatnya dan dia bekerja dengan hasil yang hanya cukup untuk makan hari ini saja dan untuk membayar cicilan hutang2nya. adakah orang seperti itu? anggap saja ada dan karna satu dan lain hal dia menjadi seperti itu sehingga tak perlu itu menjadi hal yang harus dibahas.
anggap namanya X.
Suatu  hari X setelah pulang dari bekerja kira2 pukul sembilan malam, dia bertemu dengan seseorang yang dilihatnya lebih susah dari dia, berpakaian compang camping, kotor, kurus badannya dan sedang menahan perutnya sambil merintih kata lapar. Melihat itu X meneteskan air mata dan berkata/berdoa/berharap agar dia punya uang disakunya untuk dia berikan kepada orang tersebut.

Dsini secara singkat kita lihat bahwa doa atau harapan X sangat mulia dan tidak ada hal yang bisa membuat kita berpikir ada hal negatif disana.

Tapi...

Coba kita pikirkan lebih dalam lagi, jika hal yang menurut X atau menurut kita tersebut terkabulkan atau dikabulkan. Apakah hal tersebut cukup sampai disitu? apakah selesai sampai disitu? mari kita bahas sedikit lagi.
Ternyata terkabulkanlah do'a X, didalam sakunya ada uang senilai 1jt...
Apa yang akan terjadi selanjutnya?

Akan ada berbagai variasi cerita disana menurut persepsi anda masing-masing karna setiap kita memiliki pemikiran yang berbeda-beda.

Betulkah apa yang saya katakan diatas?

Itu baru satu hal kecil dan sangat spesifik yang menjadi contoh.
Bagaimana jika do'a-do'a, harapan dan angan-angan yang pernah kita inginkan itu terjadi?
Bagaimana jika semua itu menjadi kenyataan?
Dalam diri manusia terdapat bermacam-macam keinginan dan sering juga terpengaruhi oleh nafsu dan emosi tergantung suasana hati dan perasaan disaat itu.

Inti dari tulisan ini adalah bagaimana cara kita memahami bahwa semua hal yang terjadi dalam hidup kita ini adalah suatu pengkabulan do'a terbaik menurut TUHAN.
Ada hikmah yang tersimpan dalam setiap masalah yang kita lalui, ada kalanya do'a kita terkabulkan dalam bentuk yang berbeda dan jauh dari yang kita inginkan, akan tetapi itu sebenarnya menuju kepada hal yang lebih baik setiap harinya, JIKA...

...Jika memang apa yang kita do'akan itu adalah sesuatu baik.
...Jika memang kita adalah seorang pribadi yang mau memperbaiki diri.
...Jika memang kita percaya bahwa TUHAN itu ada dan tak pernah lepas dari kehidupan kita.



No comments: